6 Rekomendasi Playmat Bayi yang Aman dan Nyaman

Si kecil mulai bergerak aktif seperti tengkurap dan merangkak?

Seiring dengan tumbuh kembangnya, otot bayi akan semakin kuat dan ia pun akan lebih kuat melakukan beragam aktivitas untuk mengeksplorasi lingkungan sekitarnya.

Pada saat itu tentu ia tidak hanya akan mengeksplorasi di kasur tidurnya saja. Agar tidak bosan, Anda bisa membiarkan si kecil mengeksplorasi area lain di kamar atau rumah agar ruang geraknya semakin luas dan ia tidak merasa bosan.

Untuk memastikan si kecil merasa aman dan nyaman, Bunda dapat menyiapkan playmat sebagai alas bermainnya. Apa itu playmat?

Apa Itu Playmat dan Fungsinya

Playmat bayi adalah sebuah alas atau matras yang biasa digunakan untuk memproteksi si kecil agar ketika ia bergerak aktif, ia merasa nyaman.

Playmat biasanya terbuat dari busa tebal yang empuk. Di atasnya, si kecil dapat melakukan aktivitas seperti merangkak, berguling, duduk, berbaring, hingga bermain.

Tips dan Cara Memilih Playmat Bayi

Ketika memilih playmat untuk si kecil, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Mulai dari segi jenis, kualitas, hingga ukuran.

Untuk membantu Anda, berikut beberapa cara memilih playmat bayi yang tepat dan berkualitas.

1. Pilih playmat bayi berdasarkan kebutuhan jenis

Ada 2 jenis playmat bayi yang dapat Anda pilih, yaitu playmat pagar dan playmat karpet.

Secara fungsi, playmat pagar berfungsi untuk melindungi dan membatasi ruang gerak bayi ketika bermain agar ia tidak keluar dari area aman ataupun terjatuh.

Playmat pagar berbentuk mengeliling dan juga terbuat dari bahan yang empuk. Sehingga apabila si kecil terbentur, ia tidak akan merasa kesakitan.

Yang kedua adalah playmat karpet. Sesuai namanya, playmat yang satu ini sekilas serupa dengan alas karpet pada umumnya. Yang membedakan, playmat karpet berbahan empuk dan nyaman untuk si kecil beraktivitas.

Dari segi harga, playmat pagar sedikit lebih mahal dibandingkan playmat karpet. Namun secara fungsi, kedua jenis playmat tersebut memiliki fungsi yang sama, yaitu menghindari si kecil dari terkena benturan dan agar nyaman ketika bermain.

2. Pilih berdasarkan ukuran

Dari segi ukuran, playmat bayi hadir dalam berbagai ukuran. Mulai dari yang kecil hingga besar. Ketika memilih ukuran playmat untuk bayi, Anda dapat memilihnya berdasarkan kebutuhan.

Apabila anak Anda masih bayi, Anda cukup membeli playmat dengan ukuran kecil. Namun apabila anak Anda sudah masuk ke usia balita dan mulai terlihat aktif, Anda dapat memilih playmat dengan ukuran besar.

Pertimbangan lain ketika memilih playmat dari sisi ukuran adalah space yang tersedia di rumah Anda. Tentunya Anda tidak ingin playmat tersebut memakan tempat yang banyak.

3. Pastikan playmat terbuat dari kualitas yang bermutu

Hal terpenting yang perlu diperhatikan ketika memilih playmat bayi adalah memastikan materialnya terbuat dari bahan yang tebal, empuk, dan tidak memiliki sudut yang tajam.

Selain itu, pastikan permukaan playmat terbuat dari bahan plastik yang tidak mudah terkelupas serta mudah dibersihkan.

6 Rekomendasi Playmat Bayi Terbaik, Aman, dan Nyaman

Setelah mengetahui bagaimana tips dan cara memilih playmat untuk bayi, berikut beberapa rekomendasi playmat terbaik beseta dengan harganya.

1. Playmat Lipat Shimano

playmat-shimano

Rekomendasi playmat bayi yang pertama adalah dari brand Shimano. Playmat ini dapat dilipat dan terbuat dari bahan PE Foam yang waterproof.

Selain didesain mudah untuk disimpan dan dibawa kemana-mana, playmat dari Shimano juga memiliki ukuran yang cukup besar, yaitu 200 cm x 180 cm. Untuk harga, playmat Shimano terbilang ekonomis karena mulai dari Rp80.000,- saja.

2. Bumpermat Little Hippo

playmat-little-hippo

Anda was-was dengan gerak si kecil yang semakin aktif? Maka playmat jenis pagar dapat menjadi solusi. Dan salah satu brand yang menyediakan playmat pagar adalah Little Hippo.

Berbentuk pagar kotak dan ukuran yang cukup luas, Anda tak perlu khawatir si kecil akan jatuh keluar dari area amannya untuk bermain. Bumpermat dari Little Hippo juga terbuat dari PE Foam yang empuk serta permukaan yang mudah dibersihkan.

Untuk ukurannya sendiri adalah 166 cm x 116 cm x 58 cm, cukup luas bukan untuk area bermain anak?

Harga bumpermat dari Little Hippo dijual dari harga Rp2.250.000,-.

3. Cobyhaus Playmat

playmat-cobyhaus

Playmat dari Cobyhaus ini adalah salah satu yang paling diminati oleh banyak Bunda. Selain harganya yang relatif murah untuk kualitas yang ditawarkan, desain yang dimiliki juga menarik.

Pilihan ukuran playmat dari Cobyhaus lebih beragam, yaitu 200x130cm dan 200x150cm dengan masing-masing ketebalan 1,5 – 2 cm.

Selain itu, keunikan dari playmat Coby Haus adalah bahannya yang terbuat dari material eco-friendly.

Harga untuk playmat Coby Haus dibanderol dari Rp650.000 – Rp800.000,-.

4. Playmat Foldaway

playmat-foldaway

Playmat dari brand Foldaway ini lebih multifungsi dibandingkan playmat lainnya, di mana Bunda dapat menjadikannya untuk jenis playmat karpet dan juga playmat pagar.

Kelebihan lain dari Foldaway adalah bahannya yang berkualitas dan mudah dibersihkan. Dan dibandingkan dengan brand lain, Foldaway menawarkan playmat dengan ketebalan 4 cm.

Berukuran 200×120 cm, playmat Foldaway dapat dibeli mulai dari harga Rp4.499.000,-.

5. Sugar Baby All in One Piano Playmat

sugarbaby-playmat

Bunda ingin playmat yang tidak terlalu besar untuk bayi usia 0-6 bulan? All in One Playmat dari Sugar Baby dapat menjadi pilihan terbaik.

Ukurannya yang mini dan pas untuk usia bayi, dilengkapi dengan beberapa benda yang dapat dipencet dan mengeluarkan suara sehingga membantu melatih saraf sensorik dan motorik anak.

Tak hanya itu, playmat ini biasanya dibuat dari material kain yang nyaman serta didesain menarik.

Harganya sendiri mulai dari Rp213.000,- saja.

6. ELC Blossom Farm Jumbo Playmat

elc-jumbo-playmat

Rekomendasi playmat bayi yang terakhir adalah Jumbo Playmat dari brand ELC Blossom Farm.

Didesain penuh warna, playmat ini cocok untuk Anda yang ingin mengenalkan macam-macam warna pada si kecil.

Ukurannya pun terbilang besar, yaitu 155x105x2cm, sehingga cocok untuk digunakan pada aktivitas tummy time anak.

Harganya sendiri dimulai dari Rp699.000,-.

Itulah penjelasan singkat seputar playmat untuk anak beserta dengan beberapa rekomendasi yang bisa Anda dapatkan.

Tertarik untuk memiliki salah satunya?

Baca juga: Rekomendasi Mainan untuk Anak Balita

Leave a comment

Blog at WordPress.com.

Design a site like this with WordPress.com
Get started